PEMANFAATAN APLIKASI MIND MAP SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR

Maret 26, 2018

Oleh : Susilo Tri Widodo, dkk

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media inovatif dalam pembelajaran mata kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar (PKn SD) guna meningkatkan kompetensi dosen dalam mengembangkan media pembelajaran yang baik, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menghasilkan sebuah produk media yang berbasis komputer dan internet. Pengembangan media inovatif dalam penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi mind map yang tersedia dalamĀ  internet.

Penelitan ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen terkait. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan pendekatan pengembangan (R&D). Tahap penelitian meliputi studi pendahuluan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, tahap desain pengembangan media dan dilakukan validasi desain serta perbaikan desain, dilanjutkan dengan uji coba terbatas desain media dengan menerapkan metode eksperimen (before-after), dilanjutan revisi produk jika ada, dilanjutkan pengembangan produk final.

Hasil penelitian yang telah dicapai yaitu peneliti sudah melakukan studi pendahuluan dengan memetakan kompetensi dan indikator dalam mata kuliah Pengembangan PKn SD kemudian merancang rencana pembelajaran perkuliahan sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan aplikasi mind map sebagai media pembelajaran. Peneliti telah merancang media inovatif menggunakan aplikasi mind map tersebut dan dilakukan validasi desain media oleh validator yang kompeten di bidangnya. Desain media pembelajaran berbasis aplikasi mind map tersebut telah diujikan pada kelas treatment. Hasil dari uji tersebut dengan data yang sudah diolah oleh peneliti menunjukkan hasil sebagai berikut : 1) Hasil uji pre test dan post test terdapat siginifikasi peningkatan, hal tersebut dibuktikan hasil pre test jumlah benar minimal 5 (40%) dan maksimal 13(63%), sedangkan hasil post test jumlah benar minimal 16 (80%) dan maksimal 20 (100%); 2) Hasil angket aspek kualitas isi dan tujuan sebelum dan setelah menggunakan aplikasi mind map menunjukan perbandingan 55% : 89%, aspek kualitas instruksionalĀ  54% : 88%, dan aspek kualitas teknisĀ  51% : 90%, sedangkan perbandingan secara keseluruhan yaitu 54% : 89%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut membuktikan pemanfaatan aplikasi mind map dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu media pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi komputer dan dukungan penguasaan teknologi informasi. Peneliti menyusun hasil penelitian tersebut dalam sebuah artikel ilmiah hasil penelitian untuk dipublikasikan dan menyusun laporan akhir sebagai pertanggungjawaban.

Contoh produk mind map yang digunakan penelitian :

Leave a Reply




Lewat ke baris perkakas