INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN STRATEGI REFLECTION THINKING, REINFORCEMENT, & HABITUATION (R2H) BERBASIS NILAI-NILAI KONSERVASI DALAM MATA KULIAH PENGEMBANGAN PKn SEKOLAH DASAR

March 26, 2018

Oleh : Susilo Tri Widodo,dkk

Tujuan dari penelitian adalah  menghasilkan inovasi model pembelajaran  dengan mengembangkan strategi  pembelajaran R2H yang berbasis nilai-nilai konservasi dalam pembelajaran mata kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian pendidikan dengan pendekatan pengembangan (R&D). Penelitan ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen terkait.

Hasil penelitian yang telah di dapat peneliti yaitu studi pendahuluan dengan memetakan kompetensi dan indikator dalam mata kuliah Pengembangan PKn SD kemudian merancang produk berupa rencana pembelajaran perkuliahan sesuai dengan kebutuhan penelitian  melalui strategi reflection thinking, reinforcement & habituation (r2h) berbasis nilai-nilai konservasi yang nanti akan digunakan atau diujikan kepada kelas treatment. Sebelum diujikan, tahap berikutnya desain produk rancangan model pembelajaran dikonsultasikan dengan validator ahli. Validator memberikan masukan terkait keseimbangan dalam mengembangkan ketiga strategi yang digunakan dan menegaskan bahwa rancangan model dapat diujikan, kemudian peneliti melakukan uji  dikelas treatment dengan pola one group pretest posttest design. Hasil yang diperoleh melalui hasil pretest dan posttest menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dari 45,88% menjadi 88,95%, jika dihitung dengan rumus N-Gain mendapatkan hasil 0,79 yang berarti terjadi peningkatan dalam kategori tinggi, sedangkan melalui angket kefektifan inovasi model menunjukan bahwa terjadi peningkatan kefektifan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan inovasi model pembelajaran dari 53,29% menjadi 89,31%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa inovasi model pembelajaran tersebut efektif untuk dikembangkan dalam pembelajaran mata kuliah Pengembangan PKn SD.

Leave a Reply




[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar